Monday, December 16, 2019

Liburan Nepal Hari 10 - Last Day Kathmandu Boudha Stupa (2)

Setelah jalan santai 2 km, penulis akhirnya sampai, dari jarak beberapa ratus meter juga sudah terlihat karena Boudha Stupa ini sangat besar (diameter 100 m) dan tinggi (36 m), bahkan merupakan salah satu stupa terbesar dan masuk dalam UNESCO sebagai warisan dunia.

Boudha Stupa

Untuk masuk kesini dikenakan harga NPR 400 per orang. Masih ok ya harganya dibanding tempat lainnya. Disini cukup luas areanya, dengan diameter stupanya aja yang sudah 100 m apalagi ditambah dengan jalanan dan toko sekelilingnya.

Boudha Stupa Entrance Ticket

Kalau ke Nepal memang stupa begini cukup iconic jadi bisa puas-puasin untuk foto-foto disini. Pada waktu disini cuacanya cukup panas, jadi penulis juga sempat mampir ke toko di sekitar area ini untuk beli minuman. Sebetulnya penulis juga sempat melihat kalau ada air putih disediakan di beberapa spot tapi karena tidak tahu asal air itu dan juga mau cari yang dingin, jadi enaknya beli di rumah makan saja.

Toko Sekeliling Boudha Stupa

Setelah selesai berkeliling maka penulis segera pulang ke hotel, dan sama seperti sewaktu pergi, penulis rencana pulang dengan menggunakan bus umum. Dan bus yang dimbil adalah yang di seberang lokasi Boudha Stupa dimana ada banyak sekali bus yang berlalu lalang dan penulis tetap menggunakan cara yang sama yaitu lihat bus yang agak sepian dan tanya apakah ke Ratna Park atau tidak. Di dalam bus ternyata ada juga bule lain yang juga naik bus umum. Penulis lupa harga bus ini tapi kalau tidak NPR 15 berarti NPR 25.

Dari Ratna Park, penulis berjalan ke hotel dan berkemas ambil titipan tas untuk segera ke bandara. Ke bandara tidak jalan ya pastinya, jadi penulis ambil taxi dan kalau tidak salah dapat harga NPR 500 setelah tawar. Setelah sampai di bandara, penulis melakukan check-in pesawat dan masuk ke ruang tunggu sebelum pesawat. Dari sini nanti akan antri di scanning dan kita harus mendapatkan stampel yang di stamp di boarding pass bukti bahwa sudah melewati scanning. Setelah ini langsung menuju antrian boarding pesawat 

ok dan finally going home!!! segitulah cerita penulis selama 10 hari di Nepal. Tidak pernah terpikirkan sebelumnya akan pergi ke Nepal, karena selama ini kalau liburan selalu pikirnya ke negara-negara maju, tapi ternyata negara-negara lain khususnya di Asia juga punya hal keunikan dan pengalaman tersendiri. Semoga yang baca bisa dapat pengetahuan setidaknya sedikit membantu buat para traveller yang mau pergi ke Nepal. Tetap terus dibaca karena penulis akan tetap update seputar Nepal di blog ini.

Salam dan sampai jumpa (2019)

No comments:

Post a Comment

ATM Nepal

Buat yang cari info soal tarik uang di ATM Nepal, nah pas sekali kali ini mau bahas soal uang peruangan di Nepal. Nepal sendiri sebetulny...