Tuesday, January 14, 2020

ATM Nepal


Buat yang cari info soal tarik uang di ATM Nepal, nah pas sekali kali ini mau bahas soal uang peruangan di Nepal. Nepal sendiri sebetulnya negara yang masih sangat bergantung sekali dengan uang fisik. Kartu kredit sendiri tidak umum namun semakin juga bisa digunakan di beberapa tempat termasuk hotel-hotel berbintang pastinya. Kalau hotel-hotel menengah umumnya tidak punya alat kartu kredit, kalaupun ada mungkin mereka akan pergi keluar untuk menumpang ke tempat lain yang punya mesin kartu kredit. Perlu diingat transaksi dengan kartu kredit akan dikenakan biaya tambahan 3% - 7%. Jadi sebaiknya usahakan punya uang cash yang cukup karena biaya tambahan ini tentunya lumayan juga kan.


ATM di Nepal
Mesin ATM bisa dijumpai dimana-mana di Nepal tapi jang sampai salah karena pada umumnya mesin ATM ini hanya diperuntukkan untuk kartu ATM lokal saja. Untuk yang bisa dipakai dengan kartu internasional umumnya hanya di Thamel dan Pokhara saja. Jadi sebaiknya prepare tarik uang dulu sebelum kalian keluar dari area turis ini.

Beberapa bank yang biasa dipakai untuk tarik uang ATM adalah seperti Standard Chartered, Himalayan Bank, dan juga Nabil Bank. Semua penarikan tentunya akan dikenakan biaya tambahan tergantung dari bank-nya masing-masing dengan biaya sekitaran USD 2 - 6 per penarikan.

Perlu dicatat juga bahwa beberapa bank juga punya kebijakan sendiri dengan berapa jumlah uang yang bisa ditarik. Kalau pada bank SC sekitar 10rb NPR dan bank lainnya sekitar 30rb NPR tergantung daerah-nya juga tentunya.

Dan yang pastinya demi keamanan pada umumnya bank tidak mengijinkan pemakaian diluar negeri, jadi sebaiknya diaktifkan dahulu sebelum travel.


Money Changer di Nepal
Kalau dilihat ongkos penarikan di ATM tentunya opsi menukar uang di money changer pasti lebih baik. Tempat penukaran uang sangat banyak sekali khusunya di daerah turis seperti Pokhara dan Thamel. Di airport sendiri juga ada 2 tempat penukaran uang dimana yang diluar yang lebih baik karena tidak ada tambahan biaya (ceritanya pernah dibagikan disini).

Umumnya Nepal menerima berbagai mata uang Dollar baik di Hotel maupun restaurant seperti USD, AUD, SGD dan juga lainnya. Tapi sebaiknya ada sudah menukar terlebih dahulu di money changer dengan sudah pasti tahu berapa rate yang dikasih. Oh ya India Rupee dan Chinese Yuan juga sudah pasti banyak diterima karena letak geografis yang berdekatan dan juga tentunya dengan banyak turis dari negara tersebut. Bahkan beberapa toko menerima pembayaran lewat WeChat Pay.


Bawalah Cash Saat Trekking
Buat yang plan mau trekking sangat disarankan sedia cash karena mesin-mesin ATM yang misalkan bisa dijumpai tidak jaminan selalu berfungsi. Uang USD bisa dipakai namun nilai tukarnya tidak sebagus kalau tukar di pusat kota.

Kalau kita book trekking lewat jasa tur pasti akan diminta untuk melakukan transfer sejumlah uang dulu sebagai deposit dan ini sangat normal karena mereka perlu untuk membayar permit masuk dan transport yang diperlukan. Contoh permit sudah kita bagikan seperti pengalaman kita sewaktu mau ke Ghandruk di Pokhara. Untuk pembiayaan tur secara online seperti Paypal dan kartu kredit bisa dipastikan bahwa para jasa tur lokal ini bekerjsama dengan orang ketiga di luar Nepal dan pastinya lebih mahal. Untuk jasa tur lokal salah satu pembayaran yang diminta adalah dengan pembayaran UnionPay yang juga sudah kita bahas di link sini 

Ok, Happy Travelling dan bawa uang yang banyak!!




No comments:

Post a Comment

ATM Nepal

Buat yang cari info soal tarik uang di ATM Nepal, nah pas sekali kali ini mau bahas soal uang peruangan di Nepal. Nepal sendiri sebetulny...