Monday, July 8, 2019

Liburan Nepal Hari 1 - Terbang Ke Kathmandu (2)

Nah sebelumnya di bagian pertama, sudah mendarat di bandara Nepal. Bandara ini tidak terlalu besar dan wah seperti bandara Asia lainnya seperti di Seoul, Bangkok, apalagi Singapore. Tapi cukup ok untuk bagian dalamnya. Pas ketika masuk kita akan ketemu dengan bagian pembayaran VISA on Arrival counter sebelah kiri, untuk pengurusan aplikasinya sendiri terdapat mesin-mesin berjajar pada sebelah kanan dan sebelahnya lagi tempat isi kartu embarkasi. Penulis sendiri langsung ke embarkasi karena kita sudah melakukan pengisian aplikasi secara online.

Aplikasi Visa Nepal

Setelah selesai dengan aplikasi visa dan kartu embarkasi, segeralah ke counter pembayaran. Disini kita bayar dengan USD dan kalau perlu ada kembalian mereka juga akan mengembalikan dengan USD, jadi kalau ingin pecahin USD besar bisa disini juga. Untuk biaya tergantung VISA yang untuk berapa hari, coba cek lagi harganya sudah dibahas disini. Kalau tidak ada USD bisa tuker di money changer disebelahnya persis, namun perlu diketahui bahwa di money changer ini akan dikenakan biaya fee, kalau tidak perlu-perlu amat mending tukar 1 lagi bagian luar dekat dengan mau ambil taxi karena tidak biaya fee dan orang lokal sendiri anti di money changer ini ternyata, ya orang lokal memang lebih tau mana yang lebih baik dibanding pendatang seperti kita. Tapi kalau tujuan kita di pusat kota seperti Thamel di Kathmndu dan sekitarnya atau Pokhara, disana juga banyak money changer tanpa biaya tambahan,



Abis bayar VISA on arrival langsung aja ke counter imigrasi untuk mendapatkan cap passport. Pastikan selalu passport sudah di cap yah, karena kalau lupa petugasnya kita bisa dianggap ilegal. Dan langsung aja turun ke bagian ambil bagasi barang dan setelah itu ke kanan untuk arah keluar dari bandara dan akan ketemu money changer yang disebut sebelumnya dan ketemu counter pre-paid Taxi

money changer di bagian luar
pre-paid taxi bandara


Disebelah pre-paid taxi disitu adalah tempat kita beli SIM card, ada NCELL dan NTC ya. Untuk detail bagusnya gimana dan harga berapa, lihat aja di link ini. Seperti disebutkan disana, kita beli 2 operator itu semua mengingat akan berpetualang daerah barat dan juga timur, jadi ada baiknya punya keduanya dan tidak beli yang sama agak saling mengcover jika dibutuhkan.

Buat teman-teman jangan kaget karena seperti pada umumnya di Asia lainnya negara berkembang, kita akan banyak jumpai orang-orang yang menawarkan jasa taxi maupun tur. Bahkan petugas pre-paid taxi juga punya usaha tur di daerah Thamel. Disini kita tidak ambil pre-paid taxi karena agak mahal jadi kita ambil taxi yang diluar saja. Detailnya bagaimana dan berapa harganya sudah dibahas disini.

Taxi disini pada umumnya tanpa AC ya teman-teman, karena mereka juga mau irit bensin. Oh ya taxi disini mungil-mungil seperti Karimun atau ATOZ di Indo. Jadi kalau bagasi besar bingung juga deh taruh dimana, Kita yang tas ransel aja udah ngepas di bagasi belakang.

Akhirnya setelah dapat taxi kita langsung menuju Hotel. Sampai di hotel taruh barang-barang kita sempatkan jalan di daerah Thamel sekalian makan malam dan belanja kebutuhan seperti sabun dan air minum.

Harga sabun batangan sekitar 20 NPR, air minum 30-60 NPR, sprite 70 NPR, dan lemon tea botol merek dari China 120 NPR





No comments:

Post a Comment

ATM Nepal

Buat yang cari info soal tarik uang di ATM Nepal, nah pas sekali kali ini mau bahas soal uang peruangan di Nepal. Nepal sendiri sebetulny...