Sunday, December 1, 2019

Liburan Nepal Hari 9 - Explore Patan, Kathmandu

Tinggal 1 hari lagi di Nepal, dan untuk hari ini penulis akan melakukan perjalanan ke Patan. Dan sama seperti sebelumnya, penulis tidak sewa mobil atau ambil taxi tapi akan coba naik kendaraan umum lagi. Lumayan untuk berhemat dan bisa merasakan pengalaman yang baru lagi.

Jujur sebetulnya penulis tidak tahu dimana lokasi untuk naik bus umum tapi setelah google ada yang tulis lokasinya di bus terminal Ratna Park dekat kita turun kemarin sewaktu dari Bhaktapur. Setelah setuju semua untuk naik bus umum, kita jalan ke Ratna Park dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.

Sampai disana ternyata tidak semudah seperti sebelum-sebelumnya untuk tahu bus mana yang harus diambil, kita harus berputar kurang lebih 2 kali karena sama orang di bus terminal disuruh ambil bagian luar, dan ditanya yang diluar disuruh ambil dalam terminal, tanya lagi di dalam terminal disuruh ambil bus depan warna tertentu, lalu disana dibilang kedepan lagi. Sampai Pada akhirnya penulis coba tanya ke seberang jalan dimana ada kaya pos polisi dan kebetulan ada orang duduk-duduk disana yang tahu harus naik bus yang mana dan dengan baik hati ajak nyebrang bareng untuk tanya ke bus yg nongkrong depan jalan. Ternyata bus yang ditanya itu memang betul arah yang menuju ke Lalitpur, dimana ini nama daerah dimana Patan Durbar Square berada. Jadi sepertinya lain kali kita harus sebutkan Lalitpur-nya, karena memang tidak ada bus langsung. Lokasi pengambilan kalau tidak salah ingat ada di titik merah dibawah.

Lokasi Bus Lalitpur
Harga bus ini cuma NPR 15 per orang, murah kan? karena memang jarak tidak jauh, hanya sekitar 15 menit saja perjalanan. Kalo ambil tur atau taxi bisa berapa tuh, mungkin paling gak bisa kena NPR 500. Tapi perlu diingat ya, bus ini tidak sampai langsung ke Patan tapi turun di jalan besarnya dan harus jalan lagi sekitar 15 menit. Tempat kita turun dekat shopping mall (Labim Mall) yang tidak begitu besar tapi lumayan keren juga loh.

Bus Stop Patan

Sampai di Patan kita harus bayar uang masuk NPR 1000, baru sampai saja sudah disamperin petugas yang jaga untuk tanya apa kita ada tiket. Dan sama seperti durbar-durbar lainnya, akan ada tur guide yang datang menanyakan kepada kita kalau mau pake jasa panduan mereka.

Patan Entrance Ticket

Patan ini termasuk besar juga ya walaupun tidak sebesar Bhaktapur. Kalau kalian sudah nonton film Dr Strange, nah Patan ini juga merupakan salah satu lokasi syuting film itu. Penulis kebetulan menemukan lokasi itu tapi sepertinya posisi diruban dan diedit oleh mereka dengan bantuan CGI karena kabarnya mereka syuting setelah terjadi gempa dan terjadi beberapa kerusakan yang perlu diperbaiki. Gambar dibawah contoh dari film itu dan foto aslinya. Dari segi posisi sama mereka juga dirubah seperti flip mirror dan juga gambar asli saya sudah banyak terlihat scaffolding untuk perbaikan. Foto ini selisih 4 tahun ya.


Di Patan ini harga sudah termasuk untuk masuk ke Museum, jadi siapkan waktu setengah atau seharian disini untuk explore ke dalamnya. Kalau kalian sudah, bisa juga jalan sebentar untuk ke Golden Temple yang tidak jauh dari sana. Untuk tiket masuk tidak mahal hanya NPR 100

Golden Temple

Setelah dari sini penulis balik lagi ke jalan utama utuk ambil bus sebelum gelap karena nanti susah untuk dapat bus dan kemungkinan setelah jam kerja pasti akan banyak penumpang juga. Tapi sebelumnya penulis sempat mampir sebentar ke Labim Mall untuk sekedar lihat-lihat.

Labim Mall
Dan dari sini langsung menuju bus stop yang posisinya berlawanan dengan sewaktu penulis turun tadi pas datang. Penulis tidak yakin apakah harus ambil warna bus yang sama atau tidak, jadi setiap ada bus yang agak sepian, penulis langsung aja bilang "Ratna Park" kalau dia bilang iya ya langsung naik. Kebetulan juga pas naik sudah tidak ada bangku kosong, jadi kepala penulis harus agak menunduk selama perjalanan karena atap bus tidak terlalu tinggi. Jadi lumayan juga ya 15 menitan agak pegak degan posisi seperti itu

Spot Merah - Kira2 Tempat Nunggu Bus

Di malam harinya kali ini penulis hanya ada di sekitaran Thamel, dan kebetulan juga hari ini melihat rumah makan Indonesia "Triratna Restaurant" yang sudah tutup karena sudah malam. Sempat juga berbincang-bincang dengan yang punya yang kebetulan ada di depan jalan. Beliau bilang bahwa memang belakangan mulai banyak turis Indonesia yang datang. Beberapa artis juga datang seperti Luna Maya, Marthen Gading dll.

Mungkin next time deh pas kemari lagi dicobain makanan indo disini gimana rasanya. Sekian dulu hari ini, sampai ketemu besok hari terakhir ya



No comments:

Post a Comment

ATM Nepal

Buat yang cari info soal tarik uang di ATM Nepal, nah pas sekali kali ini mau bahas soal uang peruangan di Nepal. Nepal sendiri sebetulny...