Saturday, August 3, 2019

Liburan Nepal Hari 3 - Tiba di Pokhara, Nginap di Sarangkot (1)

Setelah semalaman di bus kurang lebih perjalanan selama 10 jam, kita akhirnya tiba di Pokhara dan kita pilih untuk turun di tempat stop terakhir yaitu Pokhara Lake. Dari sini kita hanya perlu sedikit berjalan kaki untuk sampai ke danaunya. Disini kita berjalan-jalan mutar juga foto-foto karena memang sambil menunggu waktu jam 10 pagi untuk nanti mengajukan aplikasi permit TIMS dan ACAP ke Ghandruk. Setelah itu jam 12 siang  kita sudah akan ada mobil sewaan untuk tur lokal dengan kendaraan yang sudah dipesan sebelumnya dari sebelum berangkat ke Nepal.

Dari lokasi kita tiba disitu kita bisa ke bagian kanan atau kiri, karena nanti ke imigrasi juga pasti lewat kiri ya jadi kita ke kanan dulu. Bagian kanan ternyata lebih bagus dan rapi dibanding kiri. Kalau siang atau sore sepertinya mungkin makanan di kafe2 sebelah kanan akan lebih mahal dibanding sebelah kiri.

Tempat turun bus menuju Phewa Lake

Bagi yang mau naek perahu menyebrang danau bisa naik boat, kita sendiri tidak naik perahu karena bawa barang bawaan dan tidak akan sempat dengan schedule yang sudah direncanakan. Setelah dari danau ini kita langsung jalan menuju tempat imigrasi dan mencari makan pagi di sekitar tempat yang kita lewatin. Kita ketemu 1 tempat makan pinggir jalan agak masuk kedalam gang, karena masih pagi biasanya mereka masih belum banyak makanan tersedia namun yang punya toko bersedia memasak menu makanan yang kita pilih. Menu makanan yang saya pilih kali ini adalah: MoMo + kopi susu, secara masih pagi juga jadi cukup lah.

Mo Mo - sejenis dumpling di Nepal
Sehabis makan kita melanjutkan perjalan lagi sekitar 15 menit dan sampai ditujuan juga belum buka dan kita masih harus menunggu. Tadinya kita nunggu diluar beberapa saat, namun akhirnya ada yang kasih buka pintu untuk menunggu di taman bagian dalam (dekat perpanjangan VISA). Disini gak ada kantin ya guys, jadi kalau makan harus diluar. Di tempat imigrasi ini beberapa kios fotokopi dan tempat foto, tidak ingat bisa print atau tidak...tapi buat prepare mending semua dipersiapkan sebelum berangkat.

Sewaktu kita menunggu didalam, kita juga melihat sudah mulai banyak yang menunggu di tempat kita awal menunggu diluar, dan setelah gak berapa lama pintu dibuka kita mulai bergegas untuk masuk dalam antrian. Kita mulai antri pertama kali di counter TIMS trekking permit. Sebetulnya kita ini rugi sih karena seharusnya kita trekking full aja jangan cuma ke Ghandruk karena bayarnya sama. Untuk apa saja yang perlu diisi, lihat saja di postingan Panduan aplikasi TIMS dan ACAP.

Kalau sudah dapat TIMS, kita bisa masuk ke ruangan di sebelah kanan. Disitu kita ambil form dan setelah diisi kasih ke meja kounter. Tinggal tunggu saja sekitar 10 menit dan nama kita akan dipanggil. Sebaiknya periksa lagi apakah permit yang dikasih sesuai datanya, karena teman saya ternyata ada kesalahan penulisan negara. Jadi lebih baik cek daripada harus urus bolak-balik.

Disana kita juga ketemu traveller laennya dari Indonesia dan ternyata mereka kemarin katanya sudah datang namun tidak tahu kalau perlu apply TIMS, jadi mereka punya ACAP saja. Nah jadi buat kalian harus tau yah 2 dokumen itu diperlukan, jangan sampai harus bolak balik. Nah kata mereka kalau mau trekking ga bawa perlengkapan bisa sewa di toko-toko sekitar Pokhara sana, harga kurang tau sih ya karena kita memang ga coba trekking pada akhirnya. Oh ya di dalam ruangan ini juga tersedia tempat untuk foto, tapi saya tidak tahu berapa biayanya.

Dari situ karena masih ada waktu sekitar 1 jam sebelum mobil datang, kita cari saja makan dekat sana, ditempat makan ini saya pesan Buff Burger dan teman saya ada yang pesan nasi goreng. Untuk nasi goreng ini nunggunya lumayan lama sekali bisa 20 - 30 menit, jadi ya pasti dah kelaperan banget.

Sehabis makan kita balik ke tempat imigrasi karena perjanjian tempat penjemputan disana.
Disini kami ada miskomunikasi soal harga karena si supir taunya kita langsung ke hotel di Sarangkot, tapi sesuai perjanjian sebetulnya kita jalan-jalan dulu dan terakhir diturunkan di Sarangkot sana. Tapi akhirnya mereka setuju dengan deal pertama walaupun tidak mengikut semua yang tertulis. Lanjut Bagian - 2