Sunday, August 4, 2019

Liburan Nepal Hari 3 - Tiba di Pokhara, Nginap di Sarangkot (2)

Tujuan tur pertama kita adalah David Falls yang letaknya tidak jauh dari tempat imigrasi, harga tiket masuk NPR 30 dan sebetulnya agak mengecewakan karena posisi air terjun dibatasi pagar dan tidak bisa terlihat dengan baik. Sehabis itu kita menyebrang ke Gupteshwor Mahadev Cave, disini bayar NPR 100 untuk masuk kedalam gua. Dalam gua ini nantinya bisa melihat stalagmit yang dipercaya sebagai simbol dewa Shiva dan juga bisa berjalan sampai melihat Davis Falls, namun saya sendiri tidak jadi masuk sampai kedalam bangat karena sumpek dan pas ketemu bule saya tanya gimana di dalam mereka bilang biasa aja, jadinya saya balik lagi aja secara jalan masuk juga becek.

David Falls - Pokhara
Setelah dari sini kita ke bagian utara dan dibawa ke Shree Bindhyabasini Temple, disini kita juga bisa melihat pemandangan gedung-gedung sebagian kota Pokhara karena letaknya agak tinggi. Dari sini kita lanjut ke Seti River Gorge dengan biaya masuk NPR25, murah ya...iya murah soalnya kita cuma lihat aliran air aja sih, setelah itu kita bisa ke Gorkha Memorial Museum tapi kita ga masuk kesini dan skip menuju hanging bridge atau suspension bridge. Ini salah satu dari sekian bridge yang ada, dan menurut kami ini pengalaman yang paling berkesan, karena kita cukup takjub dengan pemandangan dan panjang jembatan ini. Untuk biaya tidak ada karena ini gratis!!

Hanging Bridge
Jembatan itu adalah tur terakhir jadi setelah itu langsung menuju Sarangkot, jalur ke sarangkot ini seperti ke puncak tetapi dengan jalan yang lebih sempit dan beberapa bagian jalannya tidak bagus karena hanya ditutup dengan batu-batuan. Masuk sarangkot sendiri ternyata harus bayar NPR50 per orang. Sarangkot ini tempat yang bagus buat cari sunset dan juga buat main paragliding. Kita memang sudah plan untuk bisa foto sunset dan ternyata lokasi tempat pengambilan sunset berada dekat dengan hotel kita menginap, jadi hanya perlu jalan sedikit kita sudah sampai. Untuk sampai di puncak paling tinggi, kita harus membayar NPR50. Kalau kalian datang setelah jam 6 kemungkinan yang jaga sudah tidak ada jadi bisa gratis, tapi ya jadinya momen sunset udah lewat.

Sarangkot Sunset View Point

Setelah selesai berfoto-foto ria, kita balik ke hotel untuk makan malam. Karena posisi Sarangkot agak jauh dari kota, jadi harga disana agak berbeda dengan di kota. Menurut penulis harganya masih ok dibanding harga di Ghandruk, dan disini juga penulis sempat tanya kepada owner dari hotel tersebut apakah ada tau sewa mobil ke Nayapul, ternyata owner punya kenalan sewa Jeep atau Taxi. Kalau Jeep bisa langsung ke Ghandruk tapi kalau Taxi cuma sanggup ke Nayapul dan disana kita harus cari Jeep juga. Tapi pastinya lebih murah Taxi dan ganti Jeep karena di Nayapul kita bisa share jeep dengan orang lain.

Setelah nego kita akhirnya memutuskan untuk ambil taxi saja ke Nayapul dengan harga deal NPR1900 dan dijemput pagi jam 9 untuk menghindari sampai kesiangan di Ghandruk dan takut sudah turun hujan.

Ok, saya lanjut makan malam dan siap-siap untuk besok pagi berangkat ke Ghandruk. Sampai ketemu di blog berikutnya Hari ke 4






No comments:

Post a Comment

ATM Nepal

Buat yang cari info soal tarik uang di ATM Nepal, nah pas sekali kali ini mau bahas soal uang peruangan di Nepal. Nepal sendiri sebetulny...